Cara Root & Install TWRP Pada Xiaomi Mi 4c

Confignet - Xiaomi merupakan produsen elektronik asal china yang terkenal dengan Smartphone berbanderol murah, namun memiki spesifikasi yang mumpuni. Tidak seperti brand lainya, Xiaomi menjual smartphone maupun berbagai macam aksesoris nya tanpa melalui toko fisik. Semua kegiatan penjualan dilakukan melalui toko online, dan terbukti strategi marketing yang diterapkan Xiaomi sangatlah berhasil. Strategi ini kini mulai diikuti oleh beberapa brand ternama yang sudah malang melintang jauh sebelum Xiaomi ada.

Cara Root & Install TWRP Pada Xiaomi Mi 4c
Source: tokopedia.com


Untuk tutorial kali ini, saya (Confignet) akan membagikan Langkah-langkah dalam menginstall TWRP (Team Win Recovery Project) dan melakukan proses Root melalui TWRP itu sendiri. TWRP merupakan salah satu custom recovery, dimana di dalamnya pengguna dapat melakukan berbagai macam hal yang tidak bisa dilakukan pada recovery bawaan smartphone Android. Selain TWRP ada recovery CWM(Clockworkmod Recovery) yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan TWRP. Yuk ikuti Langkah-langkah di bawah ini :

Bahan Root
- Universal Adb Driver
- TWRP & Fastboot
- SuperSU
 "Do With Your Own Risk"
(DWYOR)

Cara Root & Install TWRP Pada Xiaomi Mi 4c


  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload ketiga bahan di atas. Jika sudah, install terlebih dahulu Universal Adb Driver pada PC / Laptop yang kalian gunakan.
  • Pada perangkat Xiaomi Mi 4c kalian masuk ke menu setting > about phone > pada build number / nomer bentukan ketuk / tekan terus menerus sampai ada tulisan Congratulations ...... dan sudah muncul Developer Options pada menu setting. Aktifkan / nyalakan / centang Usb Debugging pada Developer Options yang sudah muncul.
  • Pindahkan file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip dari PC / Laptop ke Mi 4c kalian. File ini jangan di taruh di dalam folder apapun, biarkan file SuperSU berada di root / lokasi terluar dari memori Mi 4c.
  • Selanjutnya matikan Mi 4c yang akan di Root. Lalu pada kondisi mati tekan tombol Volume Down + Power pada Mi 4c secara bersamaan sampai masuk ke Fastboot mode. Jika tidak bisa coba tekan lagi Volume Down + Power, namun pada saat muncul logo MI lepas tombol Power dan tetap tahan tombol Volume Down.
  • Jika sudah masuk ke dalam fastboot mode, hubungkan Mi 4c dengan PC / Laptop kalian.
  • Extract file TWRP Xiaomi Mi 4c pada PC / Laptop > Masuk ke folder Recovery > Pada ruang kosong di dalam folder tekan tombol Shift pada keyboard + Bagian kanan mouse > Lalu pilih "Open command window here", nanti akan muncul jendela cmd.
  • Pada jendela cmd ketik fastboot flash recovery recovery.img lalu tekan tombol enter pada keyboard PC / Laptop. Jika berhasil maka akan ada tulisan finished. dan total time pada jendela cmd. Jangan nyalakan dulu Mi 4c kalian, cukup cabut kabel usb dari Mi 4c.
  • Setelah dicabut dalam keadaan Mi 4c masih mati, tekan tombol Volume Up + Power sampai masuk ke dalam menu TWRP. Jika sudah masuk proses selanjutnya adalah menginstall file SuperSU yang tadi sudah di pindahkan. Pilih / klik tombol install > pilih file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip dan tunggu sampai proses penginstallan selesai.
  • Jika sudah selesai, pada menu awal TWRP pilih / klik Reboot. Jika Mi 4c kalian sudah masuk ke dalam menu homescreen / menu utama, lihat apakah sudah ada aplikasi bernama SuperSU. Untuk lebih memastikannya lagi download aplikasi Root Checker di Google Playstore dan cek apakah Mi 4c kalian sudah berhasil di Root atau belum.

  NOTE:
  • Sekali lagi DWYOR (Do With Your Own Risk), resiko ditanggung penumpang :D

Related Post:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Root & Install TWRP Pada Xiaomi Mi 4c"

Post a Comment