Cara Root Android Xiaomi All Device - Tutorial Lengkap

Sebelum membahas cara root Xiaomi All Device, ada baiknya Saya beri sedikit penjelasan terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk rooting xiaomi kalian.

Tutorial Lengkap Cara Root Xiaomi All Device
Source image: wikipedia

Cara pertama: yaitu dengan cara mengaktifkan akses root pada Kemanan (Security) namun cara ini kurang begitu populer dan hanya bisa di perangkat2 tertentu alias tidak semua device bisa menggunakan metode ini.

Mengubah tipe rom dari developer cina terlebih dahulu juga masuk metode ini yah. Informasi: khusus untuk Redmi Note 3G karena tidak punya mode fastboot gunakan native root, (cek di sini http://en.miui.com/thread-182921-1-1.html)

Cara kedua: Menggunakan tools untuk root xiaomi kalian, bisa dengan KingRoot, Oneclick root dsb, namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas, tidak semua tools tersebut bisa digunakan di device Xiaomi.

Cara ketiga: Menggunakan Update SuperSU, nah cara ini yang ingin saya jelaskan, sebenarnya bagaimana sih kerjanya? Update-Supersu.zip adalah berkas zip yang sudah di kembangkan oleh chainfire, didalam paket tersebut sudah lengkap, yaitu binarisu, busybox, su dan juga aplikasi untuk interface superuser nya yaitu Superuser.apk.

Artikel Terkait: Cara Kustomisasi (custom) Status Bar Xiaomi

didalam paket tersebut juga sudah disediakan scripts seperti sh untuk dijalankan menggunakan recovery, jadi logikanya didalam paket zip tersebut sudah lengkap untuk rooting device kalian, yang kalian butuhkan adalah semua file yang dibutuhkan untuk rooting sudah berada di berkas zip tadi, hanya tinggal push ke system dan xbin device kalian saja.

Bagaimana cara push berkas itu ke system dan xbin?
Kalian perlu mengganti temporary Recovery xiaomi kalian, karena berkas ini hanya bisa di install melalui recovery CWM dan TWRP saja, jika xiaomi agan sudah menggunakan TWRP/CWM agan sudah langsung bisa rooting device agan menggunakan berkas tersebut.

Kebanyakan device dari samsung yang sudah menggunakan CWM dan juga sony/Erricsson (manual), untuk Xiaomi menggunakan Mi Recovery untuk stock recovery nya. Baiklah lalu bagaimana install TWRP/CWM nya? Kalian butuh file recovery.img TWRP/CWM untuk mengganti sementara Recovery bawaan xiaomi kalian. untuk proses install zip berkas tersebut. Disini saya praktek menggunakan TWRP saja ya, kalian bisa coba menggunakan CWM/Philz.
Catatan: Jika driver hape kalian sudah ada lewati saja proses download nya, untuk MiPhone agan juga bisa menggunakan adb-minimal. Cara ini hanya bisa di terapkan di device yang mendukung koneksi fastboot dan status bootloader unlocked. Di Xiaomi jika device kalian keluaran sebelum Redmi Note 3 & Redmi 3 bisa, untuk diatas keluaran device tersebut sepertinya bootloader sudah di kunci semua, jadi harus di unlock. Selengkapnya di sini.
( https://mifans.web.id/threads/list-device-xiaomi-yang-terkunci-bootloader-nya.406/)

Bahan dan alat tempur root xiaomi:
⚫Siapkan berkas .img TWRP (skip jika sudah terpasang)
⚫Berkas UPDATE-Supersu*.zip UPDATE-Supersu.zip, untuk versi Android 4.4+ dan Android Marshmallow 6+ gunakan versi 2.68+ atau Latestvversion SuperSU.
⚫MiPhone atau MIUI Flash Tools
⚫Driver Xiaomi, kalian bisa gunakan Mi PC Suite | MIUI Forum Fans Indonesia, kalian bisa serching untuk mencari alat tempur diatas. Setelah semua siap mari kita mulai proses rooting device kalian.

Baca ini: 14 Aplikasi Produk Google Yang Wajib Kalian Punya

Cara root Xiaomi All Device:

⚫Pindahkan berkas UPDATE-Supersu.zip ke internal hape kalian.
⚫ jika kalian menggunakan MiPhone tadi masuk ke sini C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android namun jika agan menggunakan adb-mininmal cari folder tersebut, lalu pindahkan berkas TWRP yang sudah kalian download di dalam folder tersebut dengan file fastboot.exe, rename berkas .img tadi misal twrp.img

⚫install twrp di xiaomi kalian dengan cara mengganti boot device kalian menggunakan TWRP, caranya matikan device, lalu masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol "power+ volume -  hp dalam kondisi mati.

⚫Keempat Jika hape agan sudah masuk fastboot, agan langsung saja colokin hape agan Di folder twrp.img tadi tekan shift (tahan) > klik kanan > open command window here, setelah muncul terminal cmd windows lakukan cek device agan dengan cara ketik perintah Kode: fastboot devices

jika sudah terdeksi devicenya agan bisa boot hape agan ke TWRP dengan cara perintah Kode: fastboot boot twrp.img, contoh Jika perintah di atas ditolak oleh bootloader, overwrite recovery agan aja, di ganti langsung, itu tanda nya terjadi error. itu berarti perintah booting twrp tidak di kenal oleh bootloader, kalian langsung overwrite dengan perintah Kode: fastboot flash recovery twrp.img, Jika sudah sukses, kalian bisa reboot manual dengan cara hape nya di tekan vol+(tahan) sambil di fastboot ketik perintah reboot Kode: fastboot reboot. jika kalian sudah masuk recovery lepas aja tombol nya, dan mulai install supersu nya

⚫Pada TWRP, kalian lakukan install zip > lalu arahkan ke berkas supersu.zip yang kalian taruh internal tadi > geser ke kanan untuk lakukan install, setelah succes silahkan Reboot. Setelah menyala cek aplikasi SuperSU di xiaomi kalian, buka lalu jika ada pemberitahuan binari su need update, pilih mode Normal saja, jangan sampai salah. Jika aplikasi SuperSU tidak ada padahal agan yakin install ZIP nya tadi sukses, cari dan download manual SuperSU nya di PlayStore.

Baca Juga: Cara Ampuh Agar Jaringan 4g Lte tetap Stabil

Cara ini sebetulnya bisa di terapkan di semua hape android pada umumnya yang memiliki fastboot, hanya untuk install zip tersebut kita perlu Recovery dan tidak semua recovery mendukung, kita harus install TWRP/CWM dahulu.

Itulah tutorial cara root xiaomi all device, dan semoga cara diatas sukses kalian praktekan. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Root Android Xiaomi All Device - Tutorial Lengkap"

Post a Comment